Thursday 7 February 2013

Pantai Terindah di Lombok


Pantai-pantai di Lombok memang belum setenar pantai-pantai di Bali. Namun, bagi yang sudah pernah mengunjungi pantai di Lombok, dia bisa ketagihan dan kembali lagi. Sebab, hampir semua pantai di Lombok masih sangat alami. Mari kita bahas beberapa di antara nya.


Pantai Selong Belanak


Pantai Selong Belanak memiliki pasir yang amat sangat putih dan lembut. Garis pantainya lumayan panjang. Dengan ombak yang moderat, pantai ini sering digunakan untuk surfing (selancar air) atau belajar surfing. Pantai Selong Belanak adalah salah satu pantai favorit saya karena memiliki pasir putih yang lembut, ombak yang indah, landscape yang bagus, dan warna biru muda air laut yang cantik.


Pantai Mawi


Pantai Mawi mempunyai garis pantai yang sangat pendek dengan ombak yang lumayan besar. Pasirnya tampak putih, walaupun setelah kita lihat dari dekat ternyata perpaduan antara pasir putih, orange, dan hitam. Meskipun Pantai Mawi pendek dan tersembunyi, pantai ini ternyata ramai dikunjungi wisatawan, khususnya para bule yang doyan surfing.


Pantai Lancing
 

Dengan jalan masuk paling mudah, Pantai Lancing justru tersembunyi dari para wisatawan. Datang ke Pantai Lancing di hari biasa seperti memiliki pantai pribadi, benar-benar sepi tanpa seorangpun berada di sini. Pantai ini memiliki pasir putih dan gradasi warna air laut biru muda-biru tua yang indah. Ada beberapa bagian pantai yang kotor secara alamiah karena adanya rumput laut yang tidak dibersihkan. 

 Pantai Mawun
 

Pantai Mawun berbentuk teluk yang pasir pantainya agak menjorok curam. Air lautnya sangat tenang dan berwarna hijau kebiru-biruan. Garis pantainya tidak terlalu panjang dan tidak juga terlalu pendek. Dari kejauhan, pantai ini tampak berpasir putih. Setelah kita lihat dari dekat, pasirnya merupakan perpaduan antara pasir lembut yang berwarna putih dan hitam.


Pantai Kuta Lombok


Pantai Kuta ternyata tidak hanya terdapat di Bali. Di antara pantai-pantai lain di bagian selatan Pulau Lombok,  pantai inilah yang paling ramai dikujungi wisatawan. Hal ini karena infrastuktur di Pantai Kuta Lombok merupakan yang paling bagus di kawasan bagian selatan Pulau Lombok. Banyak penginapan, rumah makan, toko, ATM, dan berbagai macam fasilitas lainnya yang dibangun di pantai ini. Menjadi pusat keramaian para turis merupakan persamaan antara Pantai Kuta di Bali dan di Lombok. Pasir pantai di Kuta Lombok sendiri sangatlah unik, bentuknya bulat seperti merica. Dengan landscape yang berpadu dengan karang pantai, pantai ini cantik dikunjungi di waktu kapanpun juga: pagi, siang, dan sore.


Pantai Seger
 


Pantai Seger hampir mirip dengan Pantai Kuta Lombok yang lebih terkenal namanya, memiliki pasir bulat seperti merica dan terdapat karang di mana-mana. Pada saat sore hari, air laut menjadi sangat surut sehingga hanya menyisakan karang-karang di pantai.


Pantai Tanjung Aan

 




Walaupun berdekatan dengan Pantai Seger dan Pantai Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan memiliki warna pasir pantai yang berbeda dengan kedua pantai tersebut. Pasir di Pantai Tanjung Aan sangat lembut dan berwarna putih bersih. Garis Pantai Tanjung Aan lumayan panjang dengan beberapa karang di dalam air laut di dekat pantai.


Pantai Kaliantan


Pantai Kaliantan merupakan pantai dengan garis pantai yang sangat panjang. Beberapa bagian Pantai Kaliantan merupakan pantai berpasir putih yang sangat lembut, sedangkan beberapa bagian lainnya merupakan pantai dengan karang-karang yang dihuni oleh berbagai macam biota laut. Sore hari, ketika air laut sedang surut, banyak anak-anak kecil yang mencari biota laut ini.


Pantai Cemara


Pantai Cemara adalah pantai indah dengan pasir putih yang benar-benar putih dan lembut. Dan memang benar sesuai dengan namanya, di pinggir pantai banyak ditumbuhi pohon cemara. Pantai Cemara memiliki garis pantai yang lumayan panjang. Air lautnya sendiri berwarna biru muda dan tenang tanpa ombak. Walaupun kami datang di hari minggu, tak tampak satupun wisatawan di pantai ini yang kami jumpai selain kami.


Pantai Tangsi (Pink Beach)





Pantai Tangsi merupakan salah satu dari sekian pantai unik di seluruh dunia. Hal tersebut karena warna pasir pantainya yang merah muda akibat perpaduan antara pasir putih dan pasir merah hasil pecahan karang merah. Hanya ada beberapa pantai di dunia yang memiliki warna pasir seperti ini, salah satunya adalah Pantai Tangsi. Agak ke tengah lautan, kita dapat menyaksikan terumbu karang yang dihuni beberapa jenis ikan laut.  


Pantai Tanjung Ringgit 


Tanjung Ringgit merupakan ujung tenggara Pulau Lombok. Pantai ini berbentuk tebing karang yang sangat eksotis. Di pantai Tanjung Ringgit juga terdapat beberapa spot menarik, seperti mercusuar, meriam, sumur air tawar, gua, dan lain sebagainya. 


Sumber 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Free Backlinks
Online Users